Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris ...

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Here's an mp3 file that was uploaded as an attachment: Juan Manuel Fangio by Yue And here's a link to an external mp3 file: Acclimate by General Fuzz Both are CC licensed. Lorem ...

Some block quote tests: Here's a one line quote. This part isn't quoted. Here's a much longer quote: Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. In dapibus. In pretium pede. Donec ...

Posted by Mutiara Timur Kim Biak 2010 | Jumat, 05 November 2010 | 0 komentar


SINOPSIS “NASIB TERUMBU KARANG DI TANGAN ANDA”
           ( Dari Film Nasib Terumbu Karang Di Tangan Kita” )

Hamparan terumbu karang di laut Indonesia merupakan keindahan tersendiri bagi alam bawah laut negara kita. Indonesia sangat bangga karena memiliki 3 tipe terumbu karang, yaitu terumbu karang tepi, terumbu karang cincin yang terbesar pertama di Indonesia dan ke tiga di dunia, serta terumbu karang penghalang.
Dari film “ Nasib Terumbu Karang Di Tangan Kita “, kita dapat melihat bahwa terumbu karang memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai tempat berpijah, bertelur, dan mencari makan bagi beragam biota laut yang bernilai ekonomis sangat tinggi yang kemudian dapat dikelolah oleh masyarakat untuk menambah perekonomian merekaa. Terumbu karang juga berfungsi sebagai pelindung pantai.
Kita juga dapat melihat bahwa dalam kehidupan dan pertumbuhan terumbu karang itu sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor,yaitu kedalaman laut ≤ 50 m, suhu perairan ± 20o – 28oc, cahaya matahari yang cukup untuk proses fotosintesis, salinitas yang baik, kecerahan air, arus.
Nasib Terumbu karang sekarang ada di tangan kita, sebab sehat dan tidaknya terumbu karang tergantung dari perilaku, kegiatan, dan aksi yang kita laksanakan di wilayah pesisir dan laut. Ketika kita membuang sampah sembarangan di pantai, menangkap ikan dengan cara destruktif seperti bom / dinamit, racun potasium sianida, jaring trawl, dan mengambil terumbu karang untuk bahan bangunan, dan hiasan akuarium, maka kita telah melakukan tindakan yang salah karena dapat menyebabkan kerusakan terumbu karang. Namun, kita dapat mencegah kerusakan terumbu karang dengan cara tidak menangkap ikan dengan bahan- bahan peledak atau bersifat racun, tidak merusak terumbu karang untuk kepentingan pribadi kita, tidak menginjak terumbu karang, dan menjaga kebersihan pantai.
Upaya ini harus di tingkatkan, sebab pertumbuhan karang memerlukan waktu puluhanhingga ratusan tahun umtuk da;pat membentuk terumbu karang. Selain itu, kondisi terumbu karang yang semakin bagus dapat berpengaruh pada pertambahan jumlah jenis ikan dan jenis- jenis biota laut lainnya yang hidup di sekitarnya.

Secara keseluruhan, saya sangat senang dengan adanya penerbitan dan pemutaran film “ Nasib terumbu Karang Di Tangan anda “. Sebab, film ini secara terperinci menjelaskan tentang terumbu karang. Dimulai dari pengertian, manfaat, tipe, faktor pembatas, penyebab kerusakan, dan cara mencegah kerusakan terumbu karang.
Bagi orang- orang yang tidak mengetahui tentang terumbu karang namun malas membaca, maka cukup dengan menonton film ini saja mereka akan mendapatkan berbagai macam informasi dan pengetahuan tentang terumbu karang. Ketika anak- anak kecil menonton film ini, mereka akan dengan mudahnya memahami apa arti dan peranan terumbu karang, sebab film ini di penuhi oleh gambar- gambar dan tampilan yang menarik.
Saya sangat berharap, agar pemutaran film ini dapat di perluas lagi di tempat- tempat atau sekolah- sekolah lain. Sehingga dengan mudahnya kita dapat membagikan informasi tentang manfaat ekosistem terumbu karang kepada orang lain.

By. GITA

Leave a Reply