Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris ...

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Here's an mp3 file that was uploaded as an attachment: Juan Manuel Fangio by Yue And here's a link to an external mp3 file: Acclimate by General Fuzz Both are CC licensed. Lorem ...

Some block quote tests: Here's a one line quote. This part isn't quoted. Here's a much longer quote: Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. In dapibus. In pretium pede. Donec ...

Posted by Mutiara Timur Kim Biak 2010 | Kamis, 04 November 2010 | 0 komentar


                BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1. POTENSI ”SANG PENGHALANG YANG MENAWAN”
Terumbu karang penghalang yang ada di Kampung Yendidori berjarak ± 200 m dari garis pantai.  Terumbu karang tersebut membentang sejajar garis pantai dengan kedalaman ± 1 s/d 15 m (saat surut terendah). Berdasarkan distribusinya, terumbu karang di kampung Yendidori dapat dikelompokkan menjadi paparan terumbu karang (reef plat) dan terumbu karang lereng (reef slope).
Terumbu karang penghalang merupakan tipe terumbu karang yang paling produktif dan kaya akan keankeragaman hayati. Berbagai organisme hidup dan berkembang biak di ekosistem tersebut, antara lain: Komunitas Karang, Komunitas Ikan, makrobentos dan lain-lain. Potensi tersebut menjadi aset daerah terutama untuk pengembangan wisata bahari yang sangat menawan. Karena keanekaragaman, keunikan dan keindahan kehidupan di ekosistem tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk melakukan aktivitas wisata, seperti menyelam (scuba dive), berenang (snorkling), dan perahu kaca (batton glass)

4.1.1. Komunitas Karang
Berdasarkan hasil observasi Tim Mutiara Timur SMA YPPK Yos Sudarso, kondisi terumbu karang di kampung Yendidori tergolong sangat baik dengan persentase tutupan > 70 % (English, et al. 1994). Terumbu karang tersebut juga memiliki jenis (spesies) karang yang cukup bervariasi. Hasil identifikasi  ditemukan 14 jenis yang didominasi oleh jenis Acropora (Tabel  4.1).






Tabel 4.1.: Jenis-jenis karang yang teridentifikasi di lokasi penelitian.
NO
NAMA SPESIES
TIPE LIFEFORM
1.
Porites sp.
Coral massive
2.
Acropora  hyacinthus
Acropora Tabulate
3.
Acropora clathrata
Acropora Tabulate
4.
Acropora sp.
Acropora Branching
5.
Acropora gemmifera
Acropora digitata
6.
Goniastrea sp.
Coral Massive
7.
Pocillopora eyeduxi
Coral Sub Massive
8.
Favites sp.
Coral Massive
9.
Acropora sp.
Acropora tabulate
10.
Echinopora  lamellose
Coral foliose
11.
Pectinia lactuca
Acropora branching
12
Acropora cyterea
Acropora tabulate
13.
Montipora sp.
Coral Foliose
14.
Porites lutea
Coral massive
      (sumber : SMA YPPK Yos Sudarso Biak.)

Keanekaragaman, kekayaan dan keindahan komunitas karang yang ada di Kampung Yendidori tersebut dimungkinkan dapat menjadi daya tarik utama untuk pengembangan wisata bahari. Karena karang merupakan komponen utama pembentuk ekosistem terumbu karang tersebut (Gambar 4.1.).








 







Gambar  4.1: Keragaman dan keindahan Terumbu karang di Kampung     
                      Yendidori.
(foto: SMA YPPK Yos Sudarso Biak )

4.1.2.  Komunitas Ikan Karang
Secara teoritis, kondisi terumbu karang akan menentukan kelimpahan dan keanekaragaman biota yang hidup di tempat tersebut termasuk ikan karang. Secara garis besar jenis-jenis ikan karang tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3, antara lain: kelompok ikan mayor, ikan target dan ikan indikator. Ketiga kelompok ikan tersebut dapat ditemukan di terumbu karang Penghalang di Yendidori. Berdasarkan hasil observasi, jenis ikan yang teridentifikasi di lokasi tersebut, antara lain (Tabel 4.2. & Gambar 4.2):
Tabel 4.2.: Jenis-jenis ikan yang teridentifikasi di lokasi penelitian
NO
Nama Ilmiah
Famili
1
Acanthurus mata
Acanthuridae
2
Acanthuruslineatus
Acanthuridae
3
Acanthurus triostegus
Acanthuridae
4
Ctenochaetus striatus
Acanthuridae
5
Acanthurus nigricans
Acanthuridae
6
Acanthurus thompsoni
Acanthuridae
7
Zebrasoma scopas
Acanthuridae
8
Naso hexacanthus
Acanthuridae
9
Paracanthurus hepatus
Acanthuridae
10
Zanclus cornutus
Zanclidae
11
Caranx sexfasciatus
Carangidae
12
Chaetodon unimaculatus
Chaetodontidae
31
Heniochus chrysostomus
Chaetodontidae
14
Heniochus varius
Chaetodontidae
15
Chaetodon trifasciatus
Chaetodontidae
16
Chaetodon ulietensis
Chaetodontidae
17
Chaetodon unimaculatus
Chaetodontidae
18
Chaetodon kleinii
Chaetodontidae
    (sumber : SMA YPPK Yos Sudarso Biak.)
 



Gambar 4.2.: Keanekaragaman ikan di Kampung Yendidori
(foto : SMA YPPK YOS SUDARSO Biak )

4.1.3 Makrobentos
Selain karang dan ikan, tim Mutiara Timur juga menemukan beberapa makrobentos yang hidup di terumbu karang penghalang di Kampung Yendidori. Beberapa makrobentos yang  teridentifikasi adalah  bulu babi,  achantaster planci, dan  bintang laut (Gambar 4.3. )












    ( foto: SMA YPPK  YOS SUDARSO Biak )
Gambar 4.3: Keanekaragaman Makrobentos di Kampung Yendidori

 4.1.4 Organisme Lain
            Selain yang telah dijelaskan diatas, tim juga menemukan beberapa organisme lain diantaranya tunikata (Gambar 4.4)


Gambar 4.4: Salah satu organisme lain di Kampung Yendidori
(foto: SMA YPPK YOS SUDARSO Biak)

Tunikata memberikan peluang besar untuk pengembangan perekonomian masyarakat, karena tunikata dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuat obat. Hal ini dikarenakan tunikata mengandung senyawa antibakteri, antikanker, dan antitumor.

Berdasarkan uraian potensi di atas, dapat disimpulkan bahwa terumbu karang penghalang yang ada di Kampung Yendidori sangatlah menawan dan berpotensi untuk dijadikan sebagai obyek wisata bahari. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan suatu upaya pengelolaan yang sesuai dengan kondisi dan potensi yang ada.

4.2. KONDISI PENGELOLAAN ”SANG PENGHALANG YANG    MENAWAN”

4.2.1.  Pandangan Masyarakat Yendidori
Berdasarkan hasil wawancara dengan masyarakat Yendidori diperoleh informasi bahwa pada umumnya masyarakat mengetahui tentang keberadaan terumbu karang penghalang (barrier reef) di kampung tersebut. Akan tetapi pengetahuan masyarakat tentang peranan dan manfaat terumbu karang

tersebut masih sangat kurang, termasuk manfaat terumbu karang sebagai obyek wisata bahari. Beberapa masyarakat menganggap bahwa keberadaan terumbu karang tersebut menghalangi keluar masuknya perahu nelayan sehingga mengakibatkan kerusakan alat tangkap, misalnya jaring, perahu dan pancing.   
Rendahnya pengetahuan masyarakat tentang peranan dan manfaat terumbu karang menyebabkan rendahnya kepedulian masyarakat terhadap kelestarian ekosistem tersebut. Dengan semakin tingginya tekanan ekonomi, mendorong masyarakat untuk memanfaatkan terumbu karang atau sumberdaya yang ada didalamnya cenderung bersifat negatif, misalnya penangkapan ikan dengan bom, potas dan lain-lain. 
Melihat besarnya peranan dan manfaat terumbu karang penghalang di Kampung Yendidori baik sebagai habitat berbagai jenis biota maupun manfaat sebagai modal wisata, maka diperlukan suatu upaya untuk melestarikan dan memanfaatkannya secara berkelanjutan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan upaya sosialisasi kepada masyarakat Yendidori dan sekitarnya akan pentingnya ekosistem tersebut. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran serta peran serta masyarakat dalam pengelolaan ekosistem terumbu karang secara berkelanjutan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

4.2.2. Pengetahuan dan Respon Wisatawan
Kekayaan dan keindahan terumbu karang merupakan modal utama dalam pengelolaan wisata bahari, karena terumbu karang merupakan obyek dari aktivitas tersebut. Besar kecilnya manfaat yang dapat diperoleh dari keberadaan terumbu karang sebagai obyek wisata sangat tergantung pada pengetahuan dan tingkat ketertarikan wisatawan yang akan menikmati obyek tersebut. Pengetahuan wisatawan akan keberadaan terumbu karang disuatu lokasi salah satunya ditentukan oleh gencarnya promosi atau publikasi.
Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa wisatawan, diperoleh informasi bahwa sebagian besar wisatawan tidak mengetahui tentang keberadaan terumbu karang yang menawan di Kampung Yendidori.

Wisatawan hanya mengetahui bahwa kawasan wisata pantai Yendidori  memiliki pantai berpasir putih yang landai. Oleh karenanya beberapa wisatawan mengharapkan adanya upaya sosialisasi atau promosi tentang keberadaan Terumbu Karang Sang Penghalang yang Menawan di Kampung Yendidori. Selain itu juga diperlukan sarana prasarana untuk menunjang keamanan dan kenyaman wisatawan.

Leave a Reply