Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris ...

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Here's an mp3 file that was uploaded as an attachment: Juan Manuel Fangio by Yue And here's a link to an external mp3 file: Acclimate by General Fuzz Both are CC licensed. Lorem ...

Some block quote tests: Here's a one line quote. This part isn't quoted. Here's a much longer quote: Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. In dapibus. In pretium pede. Donec ...

Posted by Mutiara Timur Kim Biak 2010 | Jumat, 05 November 2010 | 0 komentar

MANFAAT TERUMBU KARANG
SENYUMAN MASYARAKAT
OLEH MARIANTIKA MUDA

Indonesia mempunyai kekayan alam laut yang sangat beragam. Keragaman inilah yang memperindah laut kita. Laut yang dihidupi berbagai macam penghuni laut, mulai dari karang, ikan , teripang, bulu babi, achantaster plnci dan masih banyak lagi. Semua keragaman itu diperindah dengan adanya Terumbu karang.
Untuk kelangsungan hidup yang baik, terumbu karang harus memiliki beberapa kriteria yaitu mempunyai dasar yang keras, salinitas, cahaya matahari, arus.
Di Indonesia terdapat 3 tipe terumbu karang yaitu terumbu karang tepi, terumbu karang penghalang dan terumbu karang cincin (atol).
Terumbu karang mempunyai banyak fungsi yang dapat menguntungkan masyarakat bersama. Terumbu karang mempunyai 2 fungsi, fungsi okologi dan ekonomi. Namun masih banyak masyarakat yang tidak mengerti dengan manfaat ini. Masih banyak tangan-tangan yang tega merusak terumbu karang.
Secara tidak langsung maupun langsung terumbu karang dapat rusak saat kita memanfaatkannya dengan tidak baik. Hal-hal yang yang merusak ekosistem terumbu karang yaiti membuang bom, memakai racun, penangkapan ikan dengan pukat harimau, penangkapan ikan dengan membongkar karang, penggundulan hutan  yang menyebabkan banjir dan mencamari lngkungan, pencemaran industri, pembuangan sampah sembarangan.
Semua itu sangat mempengarui kelangsungan hidup kita. Terumbu karang adalah tempat hidup ikan yang menjadi salah satu penghasilan masyarakat, terumbu karang juga adalah pelindung masyrakat pesisir pantai.
Jika terumbu karang rusak maka rusaklah tempat hidup ikan, penghasilan masyarakat akan menurun, dan kita tidak bisa lagi mengomsumsi ikan. Jika terumbu karang juga rusak, maka dapat dekali memicu terjadinya gelombang yang besar karena terumbu karang berfungsi jagu sebagai penghalang ombak.
Jika terumbu karangnya rusak pasti akan banyak bencana ataupun kerugian yang akan terjadi. Akan banyak masyarakat yang merasakan duka. Namun jika terumbu karang kita sehat maka kita sebagai masyarakat akan merasakan bahagia bersama.
Jika masyarakt sadar akan manfaat2 dan dampak dari pemanfaatan terumbu karang, akan sangat membantu kelangsungan hidup kita.
Kita dapat memanfaatkannya dengan mengkspor ikan, teripang, dan dijadikan wisata bahari. Akan sangat banyak keuntugan yang kita dapat jika kita saling bersama-sama menjaga. Karena 1 langkah awal kita menjaganya adalah 1 senyuman dari masyarak kita.
Banyak pihak yang berusaha untuk melindungi dan menjaga terumbu karang ini.
Salah satunya adlah Program cormep. Program cormep bertujuan untuk menjaga dan melindungi terumbu karang dengan lestari dan berkelanjuatan.
Namun program dari cormep ini tidak akan berjalan dengan baik jika kita tidak bersama-sama menjaganya.

So, guys kita harus jadi salah satu pihak yang berusaha untuk melindungi karang kita.


Leave a Reply