Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris ...

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Here's an mp3 file that was uploaded as an attachment: Juan Manuel Fangio by Yue And here's a link to an external mp3 file: Acclimate by General Fuzz Both are CC licensed. Lorem ...

Some block quote tests: Here's a one line quote. This part isn't quoted. Here's a much longer quote: Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. In dapibus. In pretium pede. Donec ...

Posted by Mutiara Timur Kim Biak 2010 | Kamis, 04 November 2010 | 0 komentar



BAB II
METODOLOGI PENELITIAN

2.1.  WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan penelitian dan sosialisasi “Terumbu Karang Sang Penghalang yang Menawan”  dilaksanakan dari bulan Juli sampai dengan bulan September 2010.

2.2.  TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di Kampung Yendidori, Distrik Yendidori Kabupaten Biak Numfor.

2.3.  TEKNIK PENGUMPULAN DATA
2.3.1 Observasi
Observasi adalah teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan langsung di lokasi penelitian. Untuk pengambilan data potensi sumberaya terumbu karang dilakukan dengan cara Snorkling.
2.3.2.Wawancara
Wawancara adalah teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara langsung. Untuk pengambilan data persepsi dan respon masyarakat Kampung Yendidori dilakukan dengan wawancara langsung kepada masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan pemerintah Kampung Yendidori sedangkan untuk wisatawan dilakukan pada saat mereka  berkunjung.
2.3.3 Studi Pustaka
Studi pustaka dengan mempelajari beberapa literatur yang ada kaitannya dengan pengelolaan terumbu karang.

2.4.  Alat dan Bahan
            - Peralatan snorkling          
- Perahu dan Gabus
            -Roll meter
           
-tali raffia
            -kamera digital dan undowater

2.5. TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN
Tahapan pelaksanaan kegiatan penelitian dan sosialisasi “ Sang Penghalang yang Menawan” , sebagai berikut:
  1. Survei Lokasi Kegiatan.
Survei lokasi bertujuan untuk mendapatkan informasi  awal tentang kondisi lokasi kegiatan. Pada awalnya Tim Mutiara Timur melakukan survei lokasi dilakukan pada 4 lokasi, antara lain : Kampung Yendidori, Kampung Bindusi, Kampung Mnurwar, dan Kampung Adoki. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, maka diputuskan Kampung Yendidori sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan. Karena kampung Bindusi, kampung Mnurwar, kampung adoki sudah memiliki dokumen wisata, sedangkan kampung Yendidori belum memiliki dokumen wisata. Selain itu kampung Yendidori memiliki jarak tempuh yang tidak terlalu jauh yaitu sekitar 8 km dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit dari pusat kota Biak. Hal inilah yang mendukung tim kami memilih Yendidori sebagai tempat penelitian kami.
  1. Pengumpulan Data Sekunder
Pengumpulan data sekunder bertujuan untuk refrensi dan gambaran umum tentang obyek kegiatan. Beberapa data sekunder yang diperlukan dan dikumpulkan adalah data kondisi demografi Kabupaten Biak Numfor, khususnya kampung Yendidori yang diperoleh dari laporan akhir PRA kampung Yendidori serta pemerintah kampung Yendidori. Selain itu, data bioekologi dan manfaat terumbu karang menjadi data sekunder yang cukup penting untuk mendukung penelitian. Data tersebut diperoleh dari jurnal dan buku-buku yang terkait.
  1. Pengumpulan data primer
a.    Data Potensi Sumberdaya Terumbu Karang, yang meliputi komunitas terumbu karang, ikan karang, dan komunitas

makrobentos, terutama yang berpotensi menjadi obyek wisata bahari.
b.    Data persepsi masyarakat Kampung Yendidori tentang keberadaan sumberdaya terumbu karang dan potensinya untuk pengembangan wisata bahari di kampung tersebut.
c.    Data respon wisatawan yang berkunjung ke kampung Yendidori, terhadap kondisi dan harapan kedepan dalam pengelolaan kawasan wisata di lokasi tersebut khususnya sumberdaya terumbu karang.
  1. Tabulasi dan Analisis Data
Tabulasi dan analisis data bertujuan untuk menstrukturisasi dan menjabarkan data-data sehingga menjadi sebuah informasi yang penting. Data yang ditabulasi dan dianalisis adalah data potensi sumberdaya terumbu karang, data  hasil wawancara serta data sekunder tentang demografi .
  1. Sosialisasi Hasil Penelitian
Kegiatan ini bertujuan untuk menyebar luaskan informasi hasil penelitian “Sang Penghalang yang Menawan”  dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat, pelajar dalam pengelolaan terumbu karang sebagai aset wisata. Kegiatan sosialisasi dilakukan di Kampung Yendidori dan SMA YPPK Yos Sudarso Kabupaten Biak Numfor.
  1. Penyusunan  Makalah bertujuan untuk mendokumenkan semua proses pelaksanaan kegiatan, sehingga khalayak umum dapat membaca dan memperoleh informasi dari kegiatan tersebut. Secara skematis, tahapan pelaksanaan kegiatan dan metodenya di sajikan pada gambar di bawah ini (gambar 2.1)
Gambar   2.1: Kerangka tahapan pelaksanaan kegiatan




2.6.  JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan penelitian dan sosialisasi “Terumbu Karang Sang Penghalang yang Menawan” di lakukan selama 10 minggu mulai dari bulan Juli sampai dengan bulan September 2010.
Tabel  2.1 : Jadwal pelaksanaan kegiatan
NO
KEGIATAN
WAKTU KEGIATAN (MINGGU KE-)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1.
Survei lokasi












2.
Pengumpulan Data Sekunder












3.
Pengumpulan Data Primer












4.
Tabulasi dan Analisis Data












5.
Sosialisasi Hasil Penelitian












6.
Penyusunan Laporan












(Sumber : SMA YPPK YOS SUDARSO BIAK)


Leave a Reply